cropped-Tambahkan-subjudul.png

Kapurung, Hidangan Khas Sulawesi Selatan yang Unik dan Menyegarkan

Kapurung Kudapan Khas Sulawesi Selatan

Selain coto Makassar, Sulawesi Selatan punya kuliner khas bercita rasa unik yang dinamakan kapurung. Ini merupakan hidangan bercitarasa segar dan pedas dengan sagu kental, yang mirip seperti papeda.

Bedanya, kapurung dengan kuah berbumbu kacang yang tercampur berbagai macam sayur mayur serta daging ikan. Sayuran yang biasa menjadi pendamping adalah kacang panjang, jagung manis, terong, bayam, hingga jantung pisang.

Solusi Pesen Makanan Dine in & Pickup

Dalam Wikipedia,

Kapurung (Bahasa Tae’: Pugalu) adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu Raya (Kota PalopoKabupaten LuwuLuwu UtaraLuwu Timur) juga di TawauSabahMalaysia yang dihuni masyarakat mayoritas suku Bugis.

Kapurung Luwu, Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu.[1] Dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisional, kapurung mulai populer. Selain di warung-warung khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.

Makanan ini sudah lama melegenda sebagai makanan khas Sulawesi Selatan. Meski bahan dasarnya hanya terbuat dari sagu dan berbentuk pentol, rasanya tak kalah nikmat. Belum lagi dengan beragam jenis rebusan sayur-sayuran seperti jagung, bayam, jantung pisang, hingga kacang tanah.

Tidak sampai di situ saja, perpaduan kuah ikan masak dengan campuran asam jawa membuat rasa dan aromanya semakin nikmat. Tentunya dengan campuran bumbu-bumbu perasa lainnya.

Cara membuatnya cukup mudah, bahan utama yang perlu adalah sagu asli atau tepung sagu yang nantinya akan larut dengan air panas. Setelah sagu mengental, adonan tersebut akan berbentuk bulat-bulat kecil layaknya bakso. Kemudian kita sajikan lagi dengan kuah berbumbu kacang dengan berbagai macam sayur mayur dan ikan.

Jika Sahabat termasuk orang-orang yang nggak suka ikan, bisa mengganti lauknya dengan daging ayam atau udang. Kapurung terasa lebih nikmat jika dalam keadaan panas, apalagi kamu tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis yang menambah kesegaran dari kuliner yang satu ini. Kuah bumbu kacang yang kaya akan rempah pedas dapat memberikan kehangatan di tubuh.

Baca Juga : 40 Makanan Tradisional Khas Indonesia yang wajib kamu coba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *